Selasa, 07 Februari 2017

Mengenal Senjata Ampuh PHP (Library)

PHP Extension (Library) merupakan senjata yang sangat mumpuni didalam bahasa pemrograman PHP (Hypertext Proscessor).


01. Munculnya Extension
Keberadaan Extension ini muncul dikarenakan tugas - tugas yang dilakukan secara berulang - ulang dalam suatu modul tertentu, sehingga diperlukan setiap saat dan tentunya akan menghemat waktu oleh sang developer(perancang aplikasi). Beberapa Contoh Extension dalam bahasa PHP (tidak diawali dengan tanda(;) menandakan extension otomatis diaktifkan saat instalasi :
extension=php_bz2.dll
;extension=php_curl.dll
extension=php_fileinfo.dll
extension=php_gd2.dll
extension=php_gettext.dll
;extension=php_gmp.dll
;extension=php_intl.dll
;extension=php_imap.dll
;extension=php_interbase.dll
;extension=php_ldap.dll
extension=php_mbstring.dll
extension=php_exif.dll     
extension=php_mysql.dll
extension=php_mysqli.dll
;extension=php_oci8.dll    
;extension=php_oci8_11g.dll 
;extension=php_openssl.dll
;extension=php_pdo_firebird.dll
extension=php_pdo_mysql.dll
;extension=php_pdo_oci.dll
;extension=php_pdo_odbc.dll
;extension=php_pdo_pgsql.dll
extension=php_pdo_sqlite.dll
;extension=php_pgsql.dll
;extension=php_pspell.dll
;extension=php_shmop.dll
extension=php_ffmpeg.dll
;extension=php_soap.dll
;extension=php_sockets.dll
;extension=php_sqlite3.dll
;extension=php_sybase_ct.dll
;extension=php_tidy.dll
;extension=php_xmlrpc.dll
;extension=php_xsl.dll

Extension Library PHP ini tidak serta merta semuanya perlu diaktifkan (digunakan) tergantung dari kebutuhan pengguna, sehingga sebagian harus diaktifkan secara manual.

02. Cara Penggunaan
Penggunaan daripada Extension  Library PHP, tergantung dari webserver yang digunakan, apakah menggunakan WAMP, XAMPP, AppServ. Yang paling sering digunakan oleh kebanyakan web developer tentunya adalah XAMPP karna mampu berjalan di flatform berbeda seperti Linux, Windows.

Jika menggunakan XAMPP, maka file yang akan diedit terletak di C:\xampp\php\php.ini, misalnya : kita ingin mengolah gambar (image), makan dibutuhkan library php_gd2.dll untuk diaktifkan, dan untuk mengolah penyandian berjenis MHASH, perlu mengaktifkan php_mhash.dll,

Cara mengaktifkannya dengan membuka (hapus) tanda (;) didepan baris Extension Library yang akan digunakan. Jika sebelumnya dalam file php.ini, terdapat baris seperti berikut :
;extension=library php_gd2.dll
;extension=php_soap.dll
maka hapus tanda (;) kemudian re-start webserver sebagai syarat untuk mengaktifkan Extension  Library PHP yang kita inginkan.

03. Instal Manual atau Automatic
Pengggunaan Extension  Library dalam bahasa PHP, secara struktural sudah ada yang otomatis berjalan, tetapi adakalanya sebagian hal harus kita aktifkan secara manual. Hal ini dilakukan agar services (proses berjalan) dalam server tidak memberatkan, padahal proses tersebut tidak terlalu diperlukan, seperti contoh extention extension=php_curl.dll (library printer) tidak perlu digunakan jika kita hanya membuat website pribadi, tetapi sebaliknya sangat berguna jika kita membangun aplikasi berbasis website, seperti melakukan print di Kasir Restoran atau Bar.

04. Penutup
File Extentions Library dalam bahasa PHP sangat diperlukan sesuai dengan kebutuhan masing - masing, tergantung daripada aplikasi yang akan dibangung oleh seorang developer website.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar