Kamis, 07 Desember 2017

Toko Online Anda Sepi Pengunjung?, Lakukan 7 Tahap Ajaib Ini, Luangkan Waktu Untuk Membacanya.

 

01. Tampilkan Reviews (Testimonials) Dari Pembeli dihalaman Produk.

Review merupakan bongkahan kecil untuk meninggkatkan trusted (kepercayaan) terhadap sebuah toko online. Pentingnya review dalam mengulas produk yang ada dalam sebuah website pengaruhnya lebih vital untuk kelangsungan sebuah toko online (E-commerce). Nah, bagaimana untuk mendapatkan reviews sebuah produk dalam toko online?. Dasar yang paling penting untuk sebuah reviews adalah : pelayanan konsumen, harga yang tidak terlalu jauh dengan kompetitor lain, dan tata letak reviews itu sendiri dalam sebuah website toko online.

Pelayanan konsumen merupakan alasan utama mengapa orang harus melakukan reviews, buruknya sebuah pelayanan kepada konsumen, menyebabkan reviews akan bernilai buruk, demikian sebaliknya pelayanan terbaik harus diterapkan untuk memenuhi setiap keluhan pelanggan, baik informasi harga, jenis jasa pengiriman barang yang akan dibeli, keamanan produk yang dibeli termasuk asuransi, dan lain sebagainya. Setiap customer yang baik, tentunya akan menuliskan reviews tentang apa yang diperolehnya dalam sebuah website toko online.

Harga yang terlalu tinggi dengan kompetitor lain juga sangat berpengaruh terhadap sebuah reviews, artinya jika harga yang ditawarkan terlalu tinggi otomatis, sebuah website toko online tidak akan pernah mendapatkan calon pelanggan untuk membeli produknya. Nah, untuk itu sebelum melakukan penentuan harga sebuah produk, kiranya tidak terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan dilapak kompetitor yang menjual produk yang sama.

Terakhir adalah, tata letak reviews itu sendiri dalam website toko online. Usahakan untuk melakukan penyesuaian tata letak (widget), untuk mendapatkan goal yang diharapkan. Begitu customer sekali saja mengakses website toko online langsung melihat reviews terhadap produk yang dijual. Nah, untuk penentuan tata letak reviews itu sendiri, silahkan hubungi developer pembuat website, atau anda pun bisa dengan melakukan pengubahan terhadap tata letak reviews tersebut.

Jika dilihat dari statistik pengujung yang langsung melakukan pembelian : 63% pengunjung lebih memilih untuk membeli diwebsite yang ada reviews untuk produk yang akan dijual. Mengapa demikian?, karna sebelum membeli, calon pembeli pasti akan membaaca reviews produk yang bersangkutan.

Jika anda adalah pemula dalam merintis karir sebagai pemilik toko online, beberapa hal yang bisa anda lakukan adalah :
  • Meminta reviews kepada pembeli setelah melakukan pembelian.
  • Memberikan insentive berupa potongan harga (diskon) setelah pembeli melakukan reviews, yang dapat digunakan saat berbelanja produk lagi.
  • Mengirimkan pesan (email/sms/chat), setelah produk sampai ditangan pembeli.

02. Tampilan Toko Yang Jorok, dan Berantakan.

Yah, sudah menjadi kenyataan, jika tampilan website tidak ditata dengan baik, maka pengunjung pun tidak akan segan - segan untuk pindah lapak. Diusahakan tampilan toko (tampilan website) harus user friendly (mudah digunakan calon pelanggan). Silahkan menampilkan hal - hal yang perlu saja, tidak mencolok, dan sedap dipandang oleh mata. Hal ini akan sangat berpengaruh sekali, dalam menarik minat calon pembeli yang kesannya akan jatuh cinta pada pandangan pertama.

03. Detail Produk Yang Bermasalah.

Menuliskan detail sebuah produk yang terlalu panjang, akan menimbulkan efek kejenuhan terhadap calon pembeli. Mengapa demikian?, ya alasannya sangat mudah sekali. Sama seperti kita menyuruh seseorang membaca buku yang dimulai dari bab pertama hingga bab keempat sekaligus. Efeknya calon pembeli tidak akan fokus terhadap produk yang kita tawarkan. Tulislah detail produk yang menggambarkan produk tersebut, jangan melebih - lebihkan produk yang akan dibeli calon pelanggan. Alhasil, ini juga akan menentukan reviews yang tidak baik.

Cara mudah lainnya untuk menuliskan detail produk yang sedang dicari calon pembeli adalah, dengan menampilkan video untuk ditonton oleh customer. Mengingat hal ini jauh lebih efisien daripada menuliskan detail yang panjang. Video adalah media yang paling tepat, karena kita tau bahwa, menonton sebuah video jauh lebih mengesankan daripada membaca.

04. Buatlah Tatacara atau Pedoman Pembelian, Livechat Pada Website Toko Online

Hal ini juga sangat membantu calon pelanggan yang pertama kali mengakses website toko online. Dengan mendapatkan informasi yang tepat, calon pembeli pasti akan terkesan pada pandangan pertama mengakses website. Artinya, calon pembeli tau bahwa website toko online tersebut memberikan berbagai kemudahan kepada calon pelanggannya.

05. Navigasi Website Yang Mudah serta Pengelompokan Produk.

Navigasi ini sangat diperlukan ketika calon pembeli, ingin membeli sebuah produk. Misalnya : calon pelanggan ingin membeli sebuah Keyboard Laptop. Nah, untuk menyelesaikan case ini, tampilan navigasi website adalah : Kategori Keyboard (diklik), kemmudian Brand (merek) dari keyboard tersebut (Misalnya : logitech), kemudian diarahkan ke type, kemudian kisaran harga. Dengan demikian navigasi yang mudah seperti case ini, calon pelanggan sangat terbantu sekali. Calon pelanggan pun akan berlama - lama diwebsite, baik hanya sekedar lihat dan mungkin juga akan membelinya.


Pengelompokan produk sejenis juga sangat membantu, sejenis disini diartikan type produknya sama, tetapi dengan warna, ukuran, bahan yang berbeda. Dengan tidak membuat konten (produk) yang duplikat untuk case seperti ini, calon pembeli lebih mudah dalam pemilihan produk yang diinginkan.

06. Search Engine Optimization (SEO) Toko Online.

Apa itu SEO?, hal ini sudah dibahas pada artikel sebelumnya : Optimasi SEO dalam website, mengapa perlu dilakukan?. SEO ini sangat penting dilakukan, untuk meningkatkan trafik sebuah website toko online. Tambahkan (submit/add) lah toko online ke berbagai Search Engine, seperti : Google, Bing, Yahoo, serta mesin pencari lain. Tujuannya adalah jika calon pembeli ingin mencari sesuatu diinternet, pertama sekali dia akan mencari di mesin pencari, seperti google misalnya. Nah, bagaimana website toko online bisa ter - index di mesin pencari?, itulah jawaban dari SEO ini.

07. Gunakan Sosial Media Untuk Melakukan Interaksi Viral Produk.

Kita tau bahwa rata - rata orang menghabiskan waktunya 3 jam untuk mengakses sosial media, seperti : facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya. Nah, silahkan gunakan media ini untuk mem - viralkan produk diinternet. Kegiatan ini dilakukan dengan cara, sharing deskripsi, link prduknya, bahkan bebarapa reviews atau testimonial pembeli yang sudah melakukan transaksi di webisite toko online. Hal ini bertujuan supaya calon pembeli, mengunjungi website toko online.

Gunakanlah komunitas - komunitas, bahkan group untuk toko onlinenya, rajinlah share disana. Atau anda bisa membuatkan blog untuk kebutuhan artikel - artikel tentang produk yang anda tawarkan.


Nah itu dia 7 Langkah Ajaib yang bisa diterapkan, terimakasih telah berkunjung.