Sabtu, 04 Februari 2017

Cara kerja index Google itu bagaimana?

Google merupakan mesin pencari terkemukan di dunia, dengan motto "everytime is google"


01. Berdirinya Google
Google Inc. (NASDAQ: GOOG) didirikan pada 4 September 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin di rumah teman mereka di Menlo Park, California. Pada Februari 1999, perusahaan tersebut pindah ke kantor di 165 University Ave, Palo Alto, California sebelum akhirnya pindah ke “Googleplex” pada akhir tahun yang sama.

02. Google sebagai mesin pencari
Google menavigasi website secara berlahan tetapi pasti, melakukan index pada halaman - halaman website, dengan bantuan untuk menjelaskan apa isi dari website, jenisnya seperti apa, type website seperti apa, maka dengan secara cepat mesin pencari Google akan secepat kilat "menyambar" (melakukan index) terhadap website.

Secara garis besar, ada tiga langkah dilakukan oleh sistem pencarian Google yaitu : Crawling & Indexing, Algoritma, dan Fighting Spam. Sistem Google yang ada akan memulai proses pencarian dengan mencari kata yang diinginkan oleh pengguna ke halaman situs yang ada di dunia maya dengan mencari secara page per page didalam website yang dicari.

Setelah selesai mencari, kata-kata tersebut akan diindeks dan melalui tahap algoritma super rumit, mulai bekerja memilah-milah konten mana yang diprediksi paling sesuai dan akhirnya sistem akan menampilkan hasilnya kepada pengguna, dan juga akan disimpan kedalam cache pengguna tersebut jika memiliki akun Google yang telah signin terlebih dahulu.

Fighting Spam juga dilakukan untuk menghindari konten /  keyword yang tidak pantas untuk ditampilkan, seperti kata - kata yang mengandung kebencian dan hal lain yang berkonotasi negatif, namun ada halnya Google sendiri menyesuaikan sebuah konten kepada pengguna sesuai dengan umurnya. Nah untuk menghindari hal - hal inilah kita sebagai pengguna diwajibkan untuk masuk / sign in terlebih dahulu sebelum konten tersedia untuk digunakan.

Google juga melakukan sorting kategori terhadap kata kunci yang telah diketikkan, sehingga memudahkan dalam pencarian algoritma kata - kata. Ranking terhadap kata demi kata juga tersaji secara lengkap, dan tentunya inilah salah satu yang diinginkan oleh pengguna Google, terutama orang yang berkecimpung di dunia bisnis online. Dengan terlihatnya produk yang dijual secara cepat dan tepat, maka tentunya omzet penjualan pun akan semakin bertambah.

03. SEO untuk Google
Sebelumnya telah ditulis dalam artikel berikut :
http://blog.amrinsimanullang.com/2017/02/optimasi-seo-dalam-website-mengapa.html
Silahkan dikunjungi, semoga bermanfaat.